23 Desember, 2008

SOK KENAL SOK DEKAT

Anda pernah ketemu dengan orang yang SKSD alias Sok Kenal Sok Dekat gak?....atau anda sendiri berkepribadian SKSD......menurut anda bagus gak sih orang yang SKSD?....

Di kantor saya, ada karyawan baru yang menurut saya SKSD.....baru kenalan tapi ternyata sudah langsung akrab seolah-olah sudah berteman tahunan ........karyawan baru itu SKSD pada seluruh karyawan di perusahaan ini..........akhirnya dalam tempo singkat, dia sudah bisa berbaur dan berkomunikasi baik dengan karyawan lainnya........

Menurut saya, mental SKSD ini ternyata perlu juga agar kita bisa berbaur dengan lingkungan baru dengan cepat, karena ada juga orang-orang yang berkepribadian introvert, pendiam, dan hanya bergaul dengan orang yang dekat dengannya saja, akibatnya dia kesulitan untuk mendapatkan teman....

But, kalaupun mau bersikap SKSD, tetap harus dilakukan dalam koridor yang baik, maksudnya tetap harus santun dan tidak berlebihan......

Tapi kalau di kendaraan umum, hati-hati loh sama orang yang SKSD....secara hari gini banyak tindakan kejahatan berupa hipnotis....atau memberi obat tidur di minuman yang ia tawarkan setelah sebelumnya terjadi obrolan akrab.......


[+/-] Baca Selengkapnya...

22 Desember, 2008

SELAMAT HARI IBU…….

Pagi ini saya lagi duduk manizz di kantor, sambil mengevaluasi sebuah laporan yang masuk ke meja kerja saya………tiba-tiba HP saya berdering, ketika saya lihat nomornya, ternyata nomor rumah….saya angkat, dan ternyata mamah yang nelpon, beliau pun langsung bicara seraya bercanda “kok gak ada yang ngucapin hari ibu sama mamah”…glek, saya tersentak, saya lupa, tadi pagi saya begitu buru-buru pergi ke kantor, lagian di luar hujan, so saya harus lebih pagi angkat kaki dari rumah, karena biasanya hujan gini jalanan suka macet sih……

Selamat hari ibu mamahku, moga senantiasa diberi kesehatan, kebahagiaan, kenikmatan iman Islam, serta mendapatkan curahan rahmat dan kasih sayang Allah….
Terima kasih atas semua curahan kasih sayang yang tiada bertepi untuk kami anak-anakmu yang kadang masih suka menjengkelkan….terima kasih atas semua pengorbanan dan perjuanganmu….

Juga untuk seluruh ibunda tercinta dimanapun berada, selamat hari ibu…jasamu tiada tara…tak akan pernah bisa kami balas dengan apapun jua… karena engkaulah yang telah rela mempertaruhkan nyawa untuk melahirkan kami……..




[+/-] Baca Selengkapnya...

16 Desember, 2008

HAK PEJALAN KAKI

Sudah lama saya merasakan kemirisan, melihat hak para pejalan kaki tercerabut…..saya sering merasakan “kasihan” melihat keangkuhan para pengendara bermotor, “kasihan” karena dibalik “kemewahannya” ternyata beberapa dari mereka gak punya etika kebaikan kepada pejalan kaki…

Jalan umum adalah jalan yang bisa digunakan oleh siapapun, termasuk para pejalan kaki, tapi pada kenyataannya para pejalan kaki menjadi fihak yang termajinalkan, terbukti untuk sekedar berjalan di trotoar saja terkadang hak itu diambil oleh para pengendara sepeda motor yang pada berlomba menjangkau trotoar di kala jalanan macet, udah gitu asep knalpotnya bisa nyemprot sembarangan lagi (hmmm, emang asap gak bisa diatur!!!)…..

Pada saat nyebrang jalan pun, terkadang para pengendara motor atau mobil sangat berat hati untuk sekedar memelankan kendaraannya atau menghentikannya untuk kemudian mempersilahkan para penyebarang untuk segera menyebrang dengan nyaman….

Dan yang lebih parah lagi ada pengendara mobil atau motor yang melaju dengan cepat, sementara di jalan itu ada lubang dengan genangan air, maka ketika mobil/ motor itu lewat, muncratlah air kotor itu mengenai pejalan kaki…..

Tadi pagi ada kejadian yang membuat tidak enak dipandang…..ada anak SMP yang mau nyebrang, keserempet motor, sampai anak itu terjatuh, padahal jalanan saat itu sedang becek, karena semalaman memang hujan,….kotorlah baju anak itu……tapi anak itu langsung berdiri, dia tidak memprotes pengendara motor (mungkin karena dia terlalu kecil untuk melawan orang dewasa)…. anak itu hanya membersihkan bajunya yang kotor…kasihan sekali, padahal pergi dari rumah udah cakep, bersih, rapi….pengendara motor itu sepertinya tak punya hati nurani….., jangankan menolong anak itu, untuk sekedar mengucapkan kata ma’af pun tidak ia lakukan, ia hanya memandangi anak itu, untuk kemudian pergi begitu saja, seolah tak ada kejadian apa-apa…..

Semoga, jika kita menjadi pengendara, maka jadilah pengendara yang baik hati, yang selalu menghormati hak orang lain!!!!


[+/-] Baca Selengkapnya...

11 Desember, 2008

SALAH SAMBUNG!!!!

Karyawati di kantor tempat saya kerja, seringkali minta bantuan pak Satpam untuk dibelikan makanan yang tempatnya diluar area kantor.......
Suatu pagi, teman saya dengan semangatnya menelpon dan langsung berkata “pak, saya pesan batagor ya....”, tak lama kemudian, tiba-tiba teman saya agak kaget, karena di ujung telpon sana, terdengar jawaban dengan suara yang begitu khas “apa????”.........suara itu ternyata suara Plant manager kami....ternyata, teman saya itu salah memijat no telpon, harusnya memijat angka 114 agar nyambung ke ruangan Pak Satpam, ini malah mijat 104, sehingga nyambungnya ke ruang pak PM..........”oh, ma’af pak salah sambung”, dengan cepat teman saya itu pun langsung menutup telpon......untung aja pak PM kami orangnya baik, sehingga teman saya itu tidak kena semprot........teman saya pun menceritakan kejadian itu pada kami, kami pun tertawa......aduh, masa pesan batagor ke pak PM, gak sopan deh...he..he....he...

Ada pelajaran menarik dari kasus ini.......seringkali, sebagai pihak yang menelpon, kita terlalu PD untuk langsung bicara, tanpa meyakini terlebih dahulu kebenaran lawan bicara kita.........terkadang bicara nyeroscos tanpa titik koma.........kalau salah sambung, bisa-bisa orang yang menerima telpon itu akan kebingungan mendengar cerocosan kita.........kejadian seperti diatas, mungkin bisa terjadi pada anda bukan?.........

Ada etika ketika melakukan komunikasi lewat telpon, sebagai penelpon sebaiknya anda menyebutkan terlebih dahulu nama anda, kemudian menanyakan kebenaran lawan bicara kita,.........tapi mungkin hal ini baru kita lakukan ketika kita berkomunikasi dengan orang yang kurang dikenal........kalau sama sahabat, teman atau keluarga kan gak pernah melakukan hal itu..........namun demikian, kalau pun menelpon orang dekat, sebaiknya setelah mengucapkan salam atau mengucapkan hallo........amati, resapi dulu suara lawan bicara kita, kalau sudah yakin suara diseberang sana adalah orang yang dituju, baru deh kita melanjutkan pembicaraan dengan nyaman,.........tapi kalau diseberang sana ternyata suara nya tidak dikenal, sebaiknya kita bertanya terlebih dahulu, dengan siapa kita bicara.........

Apakah anda memiliki tips atau etika lainnya saat kita melakukan komunikasi lewat telpon?...mohon di share ya ilmunya..........

[+/-] Baca Selengkapnya...

06 Desember, 2008

BE-TE…!!!!!!!!

Waktu itu, saya mungkin lagi sensi banget…….sehingga ada satu kejadian yang sebenarnya gak penting, tapi ternyata telah membuat saya jadi be-te….
Betapa tersiksanya diri ketika dilanda penyakit be-te….penyakit ini sungguh telah merontokkan semangat….meluruhkan kreatifitas….membuat hidup tidak produktif……..menguras energi positif …. membiarkan tumbuh suburnya radikal-radikal energi negatif……..gara-gara be-te, tensi darah pun bisa ikut-ikutan naik…….


Kalau sudah terkontaminasi penyakit be-te…….memang harus cepat-cepat istighfar dan terus beristighfar, mohon perlindungan dan petolongan Allah, agar kita jangan dikuasai hawa nafsu yang menjerumuskan pada perbuatan yang sia-sia …..

Apakah be-te menunjukkan iman sedang lemah?…iman sedang turun?….apakah wajar jika iman kita turun?.........dalam tausiyahnya Ustadz Darlis Fajar mengatakan bahwa
sangat tidak wajar jika iman kita turun, karena ketika anda mengatakan wajar, berarti anda memang telah memberikan kesempatan kepada iman anda untuk turun…….maka ketika iman itu melemah, seharusnya kita berjuang untuk segera melejitkan kembali iman kita ke posisi atas…..

Kalau terserang penyakit be-te, kita harus terus mengevaluasi diri, tata kembali hati, jangan biarkan hati terkotori……

[+/-] Baca Selengkapnya...

01 Desember, 2008

YES, WE CAN……….

“Yes, we can….” ….kalimat ini diucapkan oleh Barack Obama pada pidato kemenangannya dalam Pilpres Amerika yang lalu. Kalimat itu cukup “menyentil” diri saya untuk kembali memancangkan sikap optimis dalam setiap langkah yang saya lakukan…..

Optimis harus terpancang dalam setiap diri kita, karena optimis dapat memberikan energi yang dahsyat sehingga mempengaruhi keberhasilan dalam mencapai keinginan. Sebaliknya pesimis hanya akan melemahkan, hanya akan menurunkan energi, menjadikan kita sebagai pecundang…

Ada salah satu nasyid Bimbo yang saya dengar ketika sedang menuju perjalanan ke tempat kerja, liriknya sungguh memotivasi, pas banget buat kita yang lagi patah semangat…salah satu liriknya berbunyi “MARI KITA HAPUS KATA TIDAK BISA DARI BUKU HARIAN KITA”

Ya, kebanyakan dari kita suka menyerah di tengah jalan, ketika apa yang kita inginkan belum jua tercapai, padahal segala usaha dan pengorbanan, rasa-rasanya udah banyak dikerahkan….namun ternyata begitu banyak rintangan dan godaan di tengah jalan yang benar-benar bisa membuat kita down….sampai akhirnya keluarlah perkataan yang amat pesimis “ kayaknya saya udah gak bisa ngelanjutin deh, saya capek, saya lelah…..”

Dalam tausiyahnya di TV One, Ustadz Aam Amirudin, Lc. mengatakan bahwa indikasi orang yang putus asa bukan hanya diwujudkan dalam bentuk bunuh diri, tetapi ketika kita menjadi apatis, menghentikan langkah perjuangan, maka itu pun ciri orang yang putus asa….

Jalan ini masih panjang teman, so jangan pernah putus asa ……….masih jauh jalan yang harus ditempuh….masih banyak alternatif jalan yang dapat kita pilih……….

Tanamkan mind set bahwa kita semua bisa dengan iringan do’a dan ikhtiar yang tak pernah putus, afirmasilah diri anda terus menerus, anda berhak sukses, dan anda bisa sukses……..sekecil apapun usaha kita, pasti akan dinilai Allah, tak ada yang sia-sia dalam hidup ini…..

Sikap orang yang beriman adalah tak pernah kenal lelah berjuang, jika merasa buntu, maka segeralah bermuhasabah, susun kembali strategi, kuatkan hati, teguhkan niat dan mantapkan setiap gerak langkah kita…….

[+/-] Baca Selengkapnya...