20 Maret, 2009

BASA - BASI, PENTING GAK SIIIIIIHHHHH??????........

Menurut anda, basa-basi penting gak siiiiih????
Kalau menurut saya, tergantung……..menurut saya, ada 2 tipe basa-basi….ada basa-basi yang menyenangkan dan yang tidak menyenangkan….seperti apakah?

Basa-basi yang menyenangkan adalah basa-basi yang bisa bikin orang yang dibasa-basiinnya seneng….contoh, ketika seseorang menanyakan kabar kesehatan keluarganya “ gimana, ibu sehat?”…”anak-anak pada sehat, sekarang kelas berapa” …dan sapaan-sapaan lain, yang ringan tapi terasa sangat bermakna bagi yang ditanyakan…artinya beliau merasa diperhatikan….
Basa-basi juga penting untuk mencairkan suasana yang gak nyaman, suasana yang menegangkan……misal ketika adik kakak berantem, marah-marahan…..mau nyapa duluan gengsi, akhirnya ada salah satu pihak yang mulai mencairkan suasana terlebih dahulu…”de, tadi ada temennya yang telpon”……dst……

Basa-basi yang gak menyenangkan…kayaknya bisa dirasakan dengan hati…karena memang orang tuh ada yang berbasa-basinya tulus, ikhlas….tapi mungkin ada juga yang basa-basinya karena ada motif tertentu, contohnya: basa-basi yang hanya cari muka atasan atau basa-basi yang ujung-ujungnya suka bikin gak enak, ………”Hai, pa kabar….wah, makin hebat aja nih…bla-bla-bla…by the way, aku belum bisa bayar hutang nih” …ujung-ujungnya dia males bayar hutang, padahal mampu untuk bayar…..

Kesimpulannya: basa-basi boleh-boleh aja, asal bukan basa-basi yang basi…..

6 komentar:

  1. susah jg klo orang ga bisa basa-basi, kaku dan ga fleksibel :D. tp klo lebay jg, males ngeladeninnya. ya, lebih baik ga terlalu basa-basi, tp ramah dan apa adanya aja :)

    BalasHapus
  2. setuju sama Yna. Boleh basa basi tapi juga kudu pada tempatnya, sesuai dengan sikon(situasi & kondisi). Kalo enggak, bisa bikin miskomunikasi dengan orang yang diajak bicara,bukannya saling memahami, tetapi malah bisa2x bentrok dengan lawan bicara gara2x dikira tidak suka dengan cara dia(orang tanpa basa basi) menjawab.

    BalasHapus
  3. Itu betul. Yang penting niatnya mbak Heny. Kalau niatnya tulus akan terlihat di wajah. Basa-basi perlu sebagai pemancing pembicaraan lebih jauh untuk lebih akrab, sehingga silaturahmi yang kita jalin jadi lebih dekat. Yang kita ajak ngobrol jadi senang, dan menyenagkan orang lain adalah ibadah.

    BalasHapus
  4. terkadang juga basa-basi yg santun tapi kalo mood lagi jelek, cukup mengganggu juga..:D

    paling keki kalo keluar rumah ditanya sama tetangga "bade ka mana neng?"

    BalasHapus
  5. betul.... basa basi penting tergantung situasi dan kondisi, bagaimana kita bisa menempatkan basa-basi tersebut.....
    Bagaimana Santun Berkomunikasi

    BalasHapus
  6. basa basi boleh sih....

    sekedar menyapa orang yang lewat, membuka percakapan. tapi klo orang2 yang tergesa2 jangan dech ntar dimarahi lagi

    klo pas ngobrol.. basa basinya jangan kepanjangan ntar bosen, he....

    BalasHapus