23 Februari, 2009

EPISODE CINTA SANG MURABI


Episode Cinta Sang Murabi, adalah sebuah buku yang menceritakan testimoni tentang KH Rahmat Abdullah, saya beli buku ini di Islamic Book Fair tanggal 8 februari yang lalu…..saya beli bukunya tanpa perencanaan….hanya ingin membeli saja, karena saya pun tidak begitu tahu sepak terjang Ustadz Rahmat Abdullah….saya hanya beberapa kali membaca tulisan beliau di majalah Tarbawi, itu pun hanya sesekali….tapi setelah saya baca buku ini, saya cukup tercengang dengan untaian-untaian kalimat indah yang menggetarkan hati ……

Buku ini benar-benar berisi tentang testimoni….. testimoni dari orang-orang yang mengenal KH Rahmat Abdullah (baik yang mengenal secara fisik maupun yang hanya mengenal pemikiran beliau yang tersebar dalam tulisan-tulisan dakwahnya)………
Sebelumnya, saya tidak pernah membaca buku dengan kondisi yang penuh getaran seperti ini, entah mengapa, saat saya larut untuk mencerna kalimat demi kalimat, kok saya menjadi melankolis, se-melankolis orang-orang yang menulis testimoninya dibuku tersebut dengan penuh keharuan ……sekaligus kebanggaan…..aneh sungguh aneh…..kalaupun saya melankolis membaca sebuah buku, tapi hanya melankolis sesaat….beda ketika saya baca buku ini….ada sisi ruhiyah yang begitu kuat….

Membaca bukunya saja sampai bergetar, apalagi kalau berinteraksi dengan beliau…..dari testimoni tersebut, tergambar, bahwa beliau adalah ustadz yang begitu dikagumi, tawadhu, cerdas, futuristik, santun, lembut ….. Dari buku itu tergambar, bahwa KH Rahmat Abdullah adalah seorang ulama yang memberikan pengaruh yang sangat dahsyat kepada ummat…….. semua tingkah lakunya begitu melekat terkenang indah di hati para jama’ahnya….sepeninggal beliau, semua orang membicarakan kebaikan dan hanya kebaikan nya saja …….mungkin, memang kita semua merindukan hadirnya sosok ulama atau pemimpin karimastik yang dapat memberi pengaruh positif pada ummat…….. ….

Ibrah yang bisa saya ambil dari buku ini adalah…….bahwa baik buruknya manusia akan terlihat setelah dia tiada lagi di dunia ini…….apakah orang akan membicarakan sisi buruk kita ataukah sisi baik…….dengan membaca buku ini, ingin rasanya menjadi manusia yang bisa memberikan manfa’at bagi sebanyak-banyaknya orang disekitar kita…..ingin rasanya hidup ini bisa berarti ……ingin rasanya menjadi orang yang produktif dalam beramal shaleh….ingin rasanya memiliki sifat-sifat mulia yang dicontohkan Nabi SAW….ya, semua itu perlu proses dan perjuangan….

10 komentar:

  1. Semoga aku termasuk ah...lah termasuk yang mana???

    BalasHapus
  2. Wah, jadi penasaran pingin tahu isinya. Semoga, siapapun beliau, yang telah menorehkan tapak-tapak prestatif dalam hidupnya, Allah swt memasukkannya dalam bagian dari para mujahid dakwah. Kita memang butuh banyak contoh, miniatur-miniatur muslim.

    BalasHapus
  3. waduh jadi pengen tahu,,,!

    BalasHapus
  4. Sepertinya bagus bukunya...belum baca nih..

    Makasih mba dah mampir ke blogku yah...salam kenal..

    BalasHapus
  5. lah mo tau kita ini baik apa buruknya di mata orang mesti nunggu tiada dulu'(thinking)
    hehehe sering2 ngreview buku yah mbak, sapa tau bisa jadi referensi wat saya beli buku;)

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum
    Saya sudah lama mengikuti tulisan Beliau, kebetulan waktu sma memang senang baca tarbawi. Beliau memang orang yang baik yang pernah hidup dimuka bumi. Tulisannya tidak menggurui tapi secara tidak langsung Kita diajak mencerna terhadap apa yang dibicarakan. Memang Saya belum bertemu dengan orangnya, tapi Saya memang benar2 sangat yakin beliau memang orang yang Baik. Semoga Allah mengampuni beliau dan menempatkan di tempat yang terbaik. Mudah2an Kita bisa mencontoh yang baik dari Beliau.

    BalasHapus