29 Oktober, 2008

KARAKTERISTIK DUNIA

Dunia ini memiliki karakteristik. Sebaiknya kita memahami apa saja karakteristik dunia, karena dengan memahaminya, maka kita tidak akan terlena, terlarut dalam kehidupan dunia yang fana. Apa saja karakteristik dunia?


Karakteristik dunia diantaranya:
1.Dunia panggung sandiwara
“Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.” (QS 29:64)
Kalau kita tahu bahwa dunia ini sandiwara maka seharusnya kita mengorientasikan hidup ini untuk sesuatu yang abadi

2.Dunia tak pernah mengenyangkan
Dalam hadist riwayat Bukhari Muslim, disebutkan bahwa andaikan manusia mempunyai dua lembah harta (emas), maka dia inginkan yang ketiga, dan setelah dia punya lembah yang ketiga, maka dia ingin lembah yang keempat.
Pada akhirnya tidak akan ada yang mengeyangkan manusia kecuali kematian. Jadi, kalau hidup kita selalu mengikuti keinginan maka dunia ini tidak akan dapat memenuhi keinginan itu. Karena jika satu telah terpenuhi maka keinginan yang lain akan muncul.

3.Dunia suka memperhamba manusia
Ali bin Abi Thalib berkata: “Jadilah kamu hamba akhirat dan janganlah kamu menjadi hamba dunia, sesungguhnya dunia itu tempat berkarya (ibadah) dan bukan tempat penghisaban, sedangkan akhirat merupakan tempat penghisaban (perhitungan) dan bukan tempat beramal.” (HR Bukhari)

4.Dunia sering membuat manusia terlena
Ada 2 macam nikmat yang sering dilupakan manusia, yaitu nikmat kesehatan dan kesempatan. Seringkali kita tidak bisa memanfa’atkan karunia sehat dan kesempatan ini sebaik-baiknya, yang pada akhirnya waktu berlalu tanpa sesuatu yang berarti bagi diri, terlebih lagi bagi lingkungan.

Sumber: Majelis Percikan Iman 4 Februari 2007


Tidak ada komentar:

Posting Komentar