24 November, 2008

ILMU KELAPA

Ilmu ini saya peroleh dari Aa Gym…..anda semua tahu kan yang namanya kepala…eh, kelapa…….....tahu kan pohonnya kayak apa, cara ngambil buah kelapanya gimana, bagaimana cara untuk mendapatkan santan yang gurih???

Pohon kelapa itu kan tinggi banget, ramping lagi……orang yang mau mengambil buahnya harus berjuang naik keatas, setelah kelapa dapat di raih, maka kelapa itu akan dijatuhkan dari ketinggian yang bisa bikin geger otak, patah tulang (jika yang jatuhnya si pengambil buah kelapa itu)…..Setelah ada di bawah, kelapa tersebut akan dijambak serabutnya…(bukan dibelai)….pokoknya gak ada mesra-mesranya deh, dijambak, seperti menjambak rambut orang yang sedang berkelahi…kalau serabutnya udah hilang, maka goloklah yang akan beraksi….beraksi untuk membelah kelapa, setelah terbelah, kulit coklatnya akan disisit pisau supaya bersih, lalu orang pun akan memarutnya untuk kemudian diperas sekuat tenaga, sehingga keluarlah sari pati kelapa yaitu santan……..santan kental inilah yang bisa membuat kenikmatan….makanan akan terasa lezat ketika dimasak bersama santan……..padahal dibalik kelezatan itu, ternyata ada perjuangan keras untuk memperolehnya………

Ilmu kelapa itu ibarat kehidupan kita. Sebagai manusia kita harus menyadari bahwa kehidupan ini tidaklah mudah, hidup ini butuh perjuangan. Hidup ini bakal terus dihadapkan dengan berbagai masalah….itulah sunatullahnya. Karenanya, setiap dari kita harus mempersiapkan diri menghadapi masalah, kita semua harus punya ilmunya, karena pupuk iman adalah ilmu, sehingga dengan mengetahui ilmunya, maka keyakinan kita pada Allah pun akan makin kuat, bahwa Allah tidak akan memberikan masalah di luar batas kemampuan kita, dan jangan menyebut diri kita sudah beriman kalau belum terbukti bagaimana sikap kita menghadapi masalah, apakah akan putus asa atau bersabar?
Sehingga pantas lah Nabi SAW pernah bersabda bahwa mental orang beriman itu sungguh mengagumkan, karena disaat susah dia sabar, dan disaat senang dia bersyukur.

Orang yang dirundung masalah dan berhasil keluar sebagai pemenang, ibarat santan, karena pada dirinya lah terdapat karakter yang kuat, pada dirinyalah ada kepribadian yang tangguh, pada dirinyalah ada manfa’at yang bisa ia bagi untuk orang lain……

5 komentar:

  1. Benar hidup itu memang penuh dengan perjuangan.
    Selama kita hidup didunia ini kita akan terus mendapatkan masalah. Tetapi masalah itu harus dicari solusinya. Sehingga masalah2 itu menjadikan hidup kita lebih baik dan memperkaya hidup kita.

    BalasHapus
  2. Saya jadi teringat kisah, Rasulullah sedang duduk bersama para sahabat. Datanglah seseorang yang barusan membanting tulang mencari kayu bakar untuk dijual agar keluarganya bisa makan. Begitu kerasnya orang ini bekerja memotong-motong kayu bakar, hingga tangannya melepuh. Rasulullah, dengan lembutnya memegang tangan orang ini, mengelusnya sambil berkata : "Melepuhnya tanganmu inilah yang mengantarmu ke surga". Subhanallah ...

    http://wwwambassador.blogspot.com
    http://tohjoyo.wordpress.com

    BalasHapus
  3. yups.....hidup tak akan lepas dari cobaan...
    semakin besar cobaan yang dialami,,,semakin mantab iman tersebut..
    Karena Iman berbanding lurus dengan Ibadah dan Cobaan dan berbanding terbalik dengan usaha untuk mencari solusinya(Malas)

    Jadi rumusnya kayak gini

    I=IbxC/M

    I=Iman
    Ib=Ibadah
    C=cobaan
    M=malas

    hehehehe..

    BalasHapus
  4. alhamdulillah, kesabaran dan ketabahan memang menjadi landasannya hehe.
    gak begitu mengais kebatinan nih saya, yang jelas yang saya takutkan dan sering saya perhatikan bahwa semakin tinggi iman seseorang maka semakin banyak pula godaannya. semoga kita semua tetap mampu menahan godaaan dari setan dan hawa nafsu sendiri tentunya.

    BalasHapus
  5. kan seperti orang yang sekolah....makin tinggi level sekolahnya, maka ujiannya juga makin tinggi, gak mungkin kan anak SD dapat soal ujian untuk mahasiswa...so, justru dengan banyak ujian, jika kitanya bisa mengatasinya dengan baik, maka insyaAllah kualitas diri kita pun akan menjadi lebih baik lagi

    BalasHapus