28 Juni, 2008

ARTI SEBUAH TANGISAN

“Dan bahwasannya Dialah yang menjadikan orang itu bisa tertawa dan bisa menangis” (QS 53:43)

Ada beberapa macam tangisan, yaitu:
1. Tangisan kebahagiaan
2. Tangisan kesedihan
3. Tangisan penyesalan
4. Tangisan kemarahan
5. Tangisan ketakutan
6. Tangisan buaya/tangisan penuh tipuan
Jenis tangisan buaya ini dapat ditemukan pada kasus dibuangnya Nabi Yusuf a.s oleh saudara-saudaranya.
Ketika saudara-saudara Yusuf mencelakainya ke dalam sumur, mereka mendatangi ayahnya sambil menangis.
“Kemudian mereka datang kepada ayah mereka di sore hari sambil menangis. Mereka berkata “wahai ayah, kami berlomba-lomba, dan kami tinggalkan Yusuf di dekat barang-barang kami, lalu dia dimakan serigala; dan kamu tidak akan percaya kepada kami sekalipun kami adalah orang-orang yang benar” (QS 12:16-17)

Dalam hadist, tangisan ideal adalah tangisan orang yang menangis berdua-duaan dengan Allah.
Nabi bersabda “semua mata akan menangis pada hari kiamat, kecuali 3 mata, mata yang suka menangis karena takut pada Allah. (tangisan kekhusyuan), mata yang digunakan untuk merenungkan ayat-ayat Allah, mata yang digunakan untuk berjihad di jalan Allah.”

Mata yang suka menangis karena takut pada Allah
“Dan mereka menyungkur atas muka mereka, sambil menangis dan mereka bertambah khusyu.” (QS 17:109)
Orang-orang yang disebutkan dalam ayat tersebut menangis bukan karena pengkondisian, tetapi tangisan mereka terbentuk lansung oleh kualitas imannya sendiri.
Contoh menangis yang disebabkan karena pengkondisian diantaranya, jama’ah pengajian yang menangis karena ustadz nya berdo’a sambil menangis.
“Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam dan dari orang-orang yang kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dan bersujud dan menangis.” (QS 19:58)
Orang-orang yang membaca ayat-ayat Allah sering menangis karena takut dan rindu pada Allah.

Mata yang digunakan untuk merenungkan ayat-ayat Allah
“Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al Qur’an) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata “ ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Qur’an dan kenabian Muhammad SAW).” (QS 5:83)

Mata yang digunakan untuk berjihad di jalan Allah
Jihad adalah seluruh ikhtiar yang kita lakukan di jalan Allah
“Dan janganlah kamu mengatakan orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup, tapi kamu tidak menyadarinya.” (QS2:154)

Refensi: Majelis Percikan Iman, 15 Mei 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar