01 Juli, 2008

CARA MENDAPATKAN PERTOLONGAN ALLAH

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan pertolongan dari Allah SWT:

1. Menjauhi dosa besar
“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar diantara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).” (QS 4:31).
Diantara sejumlah ahli tafsir ada yang menafsirkan, bahwa yang disebut tempat yang mulia adalah:
a) Surga
b) Segala hal yang Allah ridhoi
c) Pertolongan Allah
Yang dimaksud dosa besar adalah dosa yang sangsinya disebutkan secara eksplisit di dalam Al Qur’an. Ketika Nabi SAW ditanya “Ya Rasulullah, dosa apa yang paling besar”, kata Nabi SAW “Durhaka kepada orang tua, berzina, menyekutukan Allah, anal sex, homo sex.”

2. Taubat
“Katakanlah : Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhan mu dan berserah dirilah kepada Nya sebelum datang azab kepadamu, kemudian kamu tidak dapat ditolong lagi. Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu dengan tiba-tiba, sedang kamu tidak menyadarinya” (QS39:53-55)
Adapun cara taubat adalah sebagai berikut:
a) Berhenti dari dosa
b) Sholat mutlak 2 raka’at dan berdo’a
“Keduanya berkata: Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.” (QS 7:23)
c) Tidak mengulangi perbuatan dosa
d) Melakukan pemulihan dengan meningkatkan amal sholeh

3. Istighfar
Istighfar adalah memohon ampun dengan kata-kata, sedangkan taubat lebih diindikasikan untuk memohon ampun lewat perbuatan.
“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah?. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS 3:135)

4. Berjihad dengan harta dan jiwa
“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih. (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang lebih baik di dalam surga ‘Adn, itulah keberuntungan yang besar.” (QS 61: 10-12)

5. Berlapang dada dan jiwa pema’af
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS 3:133)

Dikutip dari acara Majelis Percikan Iman, 25 Maret 2006

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar