05 Juli, 2008

INTI KETAUHIDAN KEPADA ALLAH

Inti ketauhidan pada Allah adalah:

1. Yakin tidak ada pencipta selain Allah
“Yang kepunyaan Nyalah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagiNya dalam kekuasaan(Nya), dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya.” (QS 25:2)
Ayat ini menggambarkan kekuasaan Allah tunggal

2. Yakin tidak ada pemilik selain Allah
“Kepunyaan Allah lah segala apa yang ada di langit dan di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendakiNya dan menyiksa siapa yang dikehendakiNya dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS 2:284)

3. Yakin tidak ada pemberi rezeki selain Allah
“Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah sesuatu pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepadamu dari langit dan bumi?, tidak ada Tuhan selain Dia, maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?” (QS 35:3)

4. Yakin bahwa tidak ada yang bisa memberikan kehidupan dan kematian selain Allah
“Allah lah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah diantara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha suci lah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan.” (QS 30:40)

5. Yakin bahwa hanya Allah yang mengatur Alam semesta
“Dan pada sisi Allah kunci-kunci semua yang ghaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya dan tak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau kering melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).” (QS 6: 59)

6. Yakin tidak ada yang berhak menentukan aturan hidup kecuali Allah
“Maka patutkah aku mencari hakim selain Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan Al kitab (Al Qur’an) kepdamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Qur’an itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu termasuk orang yang ragu.” (QS 6:114)

7. Yakin tidak ada yang dapat memberi manfa’at dan mudharat kecuali Allah
Manfa’at adalah apapun yang membuat kita senang
Mudharat adalah sesuatu yang membuat kita tidak suka
Sesuatu yang menjadi manfa’at bagi si A, mungkin menjadi mudharat bagi si B
“Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu maka tidak ada yang dapat menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu. Dan Dialah yang berkuasa atas sekalian hamba-hambaNya. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui” (QS 6:17-18)

8. Yakin bahwa tidak ada yang Maha Melindungi kecuali Allah
“Allah pelindung orang-orang yang beriman, Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang kafir pelindungnya adalah syaitan, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka, mereka kekal didalamnya.” (QS2:257)

9. Yakin tidak ada yang wajib ditaati kecuali Allah
Katakanlah:”Ta’atilah Allah dan rasulNya, jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir.” (QS 3:32)

10. Yakin tidak ada yang berhak untuk diibadahi (diberi pengabdian) kecuali Allah
“Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orag yang mempersekutukan Tuhan” (QS 6:79)

Dikutip dari Majelis Percikan Iman, 13 Maret 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar