09 Agustus, 2008

MIMPI BAIK BOLEH DICERITAKAN, MIMPI BURUK JANGAN…………..

Siapa sih yang tidak pernah merasakan mimpi. Tentunya kita semua pernah merasakan mimpi hadir sebagai bunga di tidur kita yang lelap. Bisa berupa bunga yang indah dan harum, karena mimpi kita berisi mimpi indah yang membahagiakan. Tapi bisa juga berupa bunga layu, penuh duri dan bau, karena mimpi kita adalah mimpi menyeramkan, menyedihkan atau melelahkan.

Definisi mimpi
Menurut Freud, mimpi adalah penghubung antara kondisi bangun dan tidur. Mimpi adalah ekspresi yang terdistorsi atau yang sebenarnya dari keinginan-keinginan yang terlarang diungkapkan dalam keadaan terjaga

Boleh menceritakan mimpi yang baik dan di larang menceritakan mimpi buruk
Ketika kita memimpikan sesuatu yang baik, maka diperbolehkan untuk menceritakannya kepada orang lain, tapi sebaliknya, jika mimpinya buruk, maka jangan diceritakan
Dari Abu Sa’id Al Khudriy ra. Bahwasannya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda: ”Apabila salah seorang diantara kamu bermimpi dengan impian yang disukainya, maka sesungguhnya impian itu dari Allah Ta’ala, oleh karena itu hendaknya ia memuji kepada Allah dan menceritakannya kepada orang lain.” Dan di dalam riwayat lain dikatakan:”Janganlah ia menceritakan impian itu kecuali kepada orang-orang yang disukainya.” Dan apabila ia bermimpi dengan impian yang tidak disukainya maka sesungguhnya impian itu dari setan, maka hendaklah ia berlindung diri dari kejelekan impiannya dan janganlah ia menceritakan impian itu kepada siapapun juga, karena impian itu tidak akan membahayakan dirinya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Yang harus dilakukan ketika mendapat mimpi buruk
Dalam hadist riwayat Muslim, ketika seseorang bermimpi buruk, maka yang harus dilakukannya adalah:
1.Meludah ke sebelah kiri tiga kali
Tapi sebelum melakukan hal ini, lihat dulu, siapa yang ada di sebelah kiri kita. Jangan sampai salah meludah

2.Meniup ke sebelah kiri tiga kali

3.Membaca ta’awudz tiga kali

4.Membalikkan diri dari tidurnya yang semula

Agar terhindar dari mimpi buruk
Karena mimpi buruk itu datangnya dari setan, maka ketika akan pergi tidur, kita harus mengikuti petunjuk Rasulullah SAW, yaitu senantiasa berdo’a memohon perlindungan kepada Allah SWT. Berikut ini hadist tentang tata cara Rasulullah ketika akan tidur plus do’a-doa yang dibaca menjelang tidur.

1.Dari Barra’ bin Azib ra., ia berkata : Rasulullah SAW bersabda kepada saya:”Apabila kamu mendatangi pembaringanmu maka berwudhulah seperti wudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada lambung kananmu dan ucapkanlah: ALLAHUMMA ASLAMTU NAFSII ILAIKA WA WAJJAHTU WAJHII LAIKA WAFAWWADLTU AMRII ILAIKA WALJA’TU DHAHRII ILAIKA RAHBATAN WA RAGHBATAN ILAIKA LAA MALJA-A LAA MANJAA MINKA ILLA ILAIKA AAMANTU NIKITAABIKAL LADZII ANZALTA WABINABIYYIKAL LADZII ARSALTA (ya Allah, saya serahkan diriku kepada-Mu, saya hadapkan wajahku kepada-Mu, saya pasrahkan urusan kepada-MU, saya lindungkan punggungku kepada-Mu, dengan senang hati dan takut kepada-Mu. Tak ada tempat berlindung dan tak ada pula tempat keselamatan dari siksaan-Mu kecuali hanya kepada-Mu. Saya beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus). Maka seandainya kamu mati di malam itu, kamu berada dalam keadaan fitrah (tanpa dosa). Jadikanlah kalimat-kalimat tersebut sebagai akhir apa yang kamu ucapkan.” (HR Bukhari dan Muslim)

2.Dari Hudzaifah dan Abu Dzarr. Bahwasannya Rasulullah SAW apabila menuju ke tempat tidurnya, beliau mengucap: “BISMIKALLAHUMMA AHYAA WA AMMUT (Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, hamba hidup dan hamba mati).” (HR Bukhari)

3.“Apabila Nabi SAW mendatangi tempat tidurnya pada setiap malam, maka beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, kemudian beliau meniupnya lantas membaca QULHUWALLAAHU AHAD, QUL A’UDZUU BIRABBIL FALAQ dan QUL A’UDZUU BIRABBINNAAS. Kemudian beliau mengusapkan kedua tangannya ke seluruh badannya, dimulai dari kepala, muka dan badan bagian depan, dengan diulangi tiga kali.” (HR. Bukhari dan Muslim)

9 komentar:

  1. terima kasih atas infonya, ane baru tau lho~ ><
    co-past yak~ ^^v

    BalasHapus
  2. terimaksih infonya.. baru mimpi buruk...

    BalasHapus
  3. tapi gak bsa tenang ,, kLo punya mimpi buruk
    dan sLaLu pengen d critain k org Laen ,,
    gmana tu ??

    BalasHapus
  4. Thank you for such an honest and informative post! This is the first time I've stumbled upon your blog, and I am so happy that I did.Online Travel Agencies

    BalasHapus
  5. KAMI JUAL OBAT ABORSI | PENGGUGUR KANDUNGAN | OBAT PELANCAR HAID | OBAT TELAT BULAN | CYTOTEC MISOPROSTOL | GASTRUL
    http://hamiltunas.blogspot.com/

    BalasHapus