09 Agustus, 2008

MITOS ANGKA 8

Ketika saya menginformasikan nomor hand phone saya yang kebetulan banyak angka 8 nya pada seorang teman, teman saya itu berkata “wah angka hoki tuh”.........saya balik bertanya ”maksudnya? kenapa juga disebut hoki?”.
“Menurut orang tionghoa, katanya angka 8 adalah angka hoki, kenapa disebut hoki, karena angka 8 ini adalah angka yang tidak terputus, tulisannya nyambung gitu loh” papar teman saya..........” oh, itu mah mitos atuh”, jawab saya.
Saya benar-benar tidak tahu dan memang tidak mau tahu mitos-mitos yang seperti itu, bahkan saya baru tahu mitos angka 8 adalah angka hoki, dari teman saya itu...........lagian, ngapain juga “ngulik” hal-hal kayak gitu, bisa jatuh pada syirik...........

Dan ketika nonton berita sore di salah satu televisi swasta yang memberitakan launching no.urut PKS, pada tanggal 8, bulan 8 tahun 2008, penyiar TV nya berkomentar, “apakah PKS yang berbasis Islam, percaya akan hal-hal klenik?”..........idih geli juga dengarnya.....
Launching di tanggal 8-8-2008, tentunya dijadikan momentum yang tepat bagi PKS untuk mempromosikan dan mensosialisasikan nomor urut 8 pada pemilu 2009 nanti, so masyarakat bisa lebih mengenal no.urut 8 ini sejak dini...............

Saya pernah beberapa kali mendengar orang yang mempermasalahkan mitos angka. Yang paling dikenal tentunya angka 13, yang sering dipojokkan sebagai angka sial.........berabe juga tuh kalau cara berfikir kita sudah dipengaruhi mitos-mitos seperti itu. Ya, seperti yang terjadi pada masyarakat yang masih mempercayai mitos-mitos terhadap penanggalan, kayaknya ribet banget.............ada orang yang mau nikah aja, para sesepuhnya berdebat soal tanggal pernikahannya, sesepuh dari pihak wanita ingin tanggal sekian, sedangkan sesepuh dari pihak pria tidak setuju karena mengganggap jika menikah pada tanggal tersebut tidak baik, dari keluarga pria inginnya tanggal yang lain............akhirnya lama lah penentuan tanggal pernikahannya, yang lebih ngeri malah jadi berantem atau jangan-jangan gak jadi nikah, gara-gara ngeributin soal tanggal.......
Ustadz di tempat pengajian pernah bilang, “kalau saya, malah ingin mengerjakan sesuatu yang dimitoskan, saya menikah di bulan yang bayak dihindari orang, orang banyak yang bilang kalau menikah di bulan tersebut kehidupan rumah tangganya tidak langgeng, buktinya, alhamdulillah saya dan keluarga baik-baik saja sampai sekarang. Justru enak juga, menikah di waktu orang lain menghindari untuk menikah, karena jadi gampang buat nyewa gedung, katering, dan hal lainnya lebih mudah di urus”................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar