29 Agustus, 2008

KARAKTERISTIK ORANG YANG MENDAPAT RAHMAT ALLAH

Rahmat Allah selalu dihubungkan dengan ampunan dan kualitas hati
Kata rahmat dihubungkan dengan kualitas hati, seperti yang tercantum dalam QS Al Imran : 8 “Ya Allah, janganlah Engkau condongkan hati kami pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk pada kami.”

Karakteristik orang yang mendapat rahmat Allah:
1.Memiliki jiwa lembut dan pema’af
“Maka disebabkan rahmat dari Allah lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itulah ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu, kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad maka bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepadaNya.” (QS 3:159)

2.Bersemangat dalam beriman, berjihad dan berhijrah
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS 2:218)

3.Sabar dalam menghadapi ujian
Dan sungguh kami akan berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit-sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan innalillaahi wainnailaihi raji’uun. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS2 : 155-157)

4.Bepegang teguh pada ajaran-ajaran agama
“Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh pada (agama)nya, niscaya Allah akan masukkan mereka ke dalam rahmat yang besar dari Nya (surga) dan limpahkan karunia Nya dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus (untuk sampai) kepadaNya.” (QS 4:175)

5.Mengisi hidup dengan berbagai macam kebaikan
“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdo’a kepadanya dengan rasa takut (tidak akan) diterima dan harapan (akan dikabulkan). sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS 7:56)

6.Menyuruh yang ma’ruf, mencegah yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, ta’at pada Allah dan RasulNya
“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan sebagian mereka adalah menjadi penolong sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka ta’at kepada Allah dan Rasulnya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Allah maha perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS 9:71)

7.Rajin mempelajari isi AL Qur’an
“Dan apakah tidak cukup bagi mereka bahwasannya kami telah menurunkan kepadamu Al kitab (Al Qur’an) sedang dia dibacakan kepada mereka, sesungguhnya dalam Al Qur’an itu terdapat rahmat yang besar dan pelajaran bagi orang-orang yang beriman.” (QS 29:51)

Imbalan bagi orang yang mendapatkan rahmat
a)Akan dijauhkan dari azab
“Barangsiapa yang dijauhkan azabnya pada hari itu, maka sungguh Allah telah memberikan rahmat kepadanya. Dan itulah keberuntungan yang nyata.” (QS 6:16)

b)Memiliki wajah yang berseri
“Pada hari yang diwaktu itu ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram. Adapun orang yang hitam muram mukanya (kepada mereka dikatakan): “Kenapa kamu kafir sesudah kamu beriman? Karena itu rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu. Adapun orang-orang yang putih berseri mukanya, maka mereka berada dalam rahmat Allah (surga), mereka kekal didalamnya.” (QS 3: 106-107)

Dikutip dari Majelis Percikan Iman, 30 Juli 2006

2 komentar:

  1. seneng ya kalo bisa menemukan salah satu aja menempel di diri kita, moga bulan ramadhan tahun ini kita mendapatkan banyak rahmah. amin.

    BalasHapus
  2. iya, memang kita perlu melakukan mujahadah agar bisa mendapatkan rahmat Allah.

    BalasHapus